Pengertian dan Langkah-langkah Membuat RPP (Rencana Pelaksanaan Pembelajaran) Berkarakter

RPP atau (Rencana Pelaksanaan Pembelajaran) adalah serangkaian kegiatan dalam melaksanakan proses kegiatan pembelajaran yang di dalamnya mencakup dan mengatur tentang komponen-komponen yang harus dijalankan yakni, perumusan tujuan-tujuan yang hendak dicapai, metode dan model pembelajaran yang akan digunakan, materi atau bahan informasi yang akan disampaikan, media atau alat pembelajaran akan diberikan sebagai tujuan untuk mentransformasikan tujuan akan dipelajari siswa terhadap materi yang akan disajikan guru. serta alat evaluasi. Pemberian evaluasi bertujuan sebagai umpan balik (feedback) dari hasil pencapaian yang diperoleh siswa dalam mengikuti pelajaran. dengan pemberian evaluasi diakhir pelajaran, maka guru dapat mengetahui apakah proses pembelajaran tersebut telah tercapai apa tidak. Oleh karena itu komponen-komponen dalam membuat RPP (Rencana Pelaksanaan Pembelajaran) disusun dan direncanakan terlebih dahulu secara sistematis dengan mengacu kepada karakter siswa, kemampuan siswa, penunjang sarana prasarana serta keaktifan siswa. sehingga rencana pelaksanaan dapat berfungsi mengefektifkan siswa dalam mengikuti proses pembelajaran yang sudah ditetapkan tersebut.
Dalam penyajiannya, agar tujuan pembelajaran tercapai atau katakanlah terlaksana dengan baik dengan sesuai dengan hasil yang diinginkan, dalam hal ini maka bentuk RPP (Rencana Pelaksanaan Pembelajaran) dijabarkan dari hal-hal yang sifatnya paling umum menuju sifat yang paling khusus. RPP (Rencana Pelaksanaan Pembelajaran) meliputi pokok-pokok bahasan dalam tiap-tiap semester yang kemudian dibuat dan dikembangkan dengan mengacu kepada silabus atau kurikulum dari tiap bidang studi atau mata pelajaran. Hal ini bertujuan agar pelaksanaan pada proses pembelajaran tidak simpang siur dan membuat siswa malah menjadi bingung. dengan demikian, proses pelaksanaan kegiatan pembelajaran akan menjadi terarah dan lebih fokus sehingga hasil pencapaian tujuan yang hendak dicapai dapat terlaksana.
Fungsi RPP (Rencana Pelaksanaan Pembelajaran) berdasarkan maksudnya adalah agar para guru dalam melaksanakan dan menerapkan proses pembelajaran di kelas lebih siap, tampil lebih sigap, dan tentunya dapat membawa stimulus bagi para siswa-siswanya. Sebagai seorang guru yang baik, tentunya dengan senantiasa akan melakukan sebuah rencana dan persiapan terlebih dahulu. Persiapan tersebut dapat saja berupa persiapan perencanaan tertulis maupun yang tidak tertulis.
Berikut ini contoh RPP SD Kurikulum 2013 untuk di anda baca
Kelas 1 Klik Disini
Kelas 2 Klik Disini
Kelas 4 Klik Disini
Kelas 5 Klik Disini
----------------------------------------------------------------------------------------------------------- 
Berikut adalah Langkah-langkah dalam membut dan menyusun RPP (Rencana Pelaksanaan Pembelajaran) berkarakter KTSP 2006
Untuk lebih jelasnya silahkan di klik link di bawah ini


-----------------------------------------------------------------------------------------------------------



RPP Kurikulum 2013 Revisi 2017
Kelas I
Tema 1 sub tema 1
Pb 1
Pb 2
Pb 3
Pb 4
Pb 5
Pb 6
Sub Tema 2
Pb 1
Pb 2
Pb 3
Pb 4
Pb 5
Pb 6
Kelas II
Kelas III
Kelas IV
Tema 1 Sub Tema 1
Pb 1
Pb 2
Pb 3
Pb 4
Pb 5
Pb 6
Tema 1 Sub Tema 2
Pb 1
Pb 2
Pb 3
Pb 4
Pb 5
Pb 6
Tema 1 Sub Tema 3
Pb 1
Pb 2
Pb 3
Pb 4
Pb 5
Pb 6
TEMA 2
Sub Tema 1
Pb 1
Pb 2
Pb 3
Pb 4
Pb 5
Pb 6
Kelas V
Kelas VI
RPP Pendidikan Agama Islam
Kelas 1 Semester 1
Kelas 1 Semester 2
Kelas 2 Semester 1
Kelas 2 Semester 2
Kelas 3 Semester 1
Kelas 3 Semester 2
Kelas 4 Semester 1
Kelas 4 Semseter 2
Kelas 5 Semester 1
Kelas 5 Semester 2
Kelas 6 Semester 1
Kelas 6 Semester 2